Aneka Macam Kopi Indonesia – Toko Pembuat Kopi Di Long Apari, Mahakam Ulu

Aneka Macam Kopi Indonesia – Toko Pembuat Kopi Di Long Apari, Mahakam Ulu


Aneka Macam Kopi Indonesia – Toko Pembuat Kopi Di Long Apari, Mahakam Ulu - Kendati makin berlimpah penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dari kelasnya, lokasi penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, walaupun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan cita rasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua pernah mengerti karakter dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki wujud bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran harganya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Aneka Macam Kopi Indonesia – Toko Pembuat Kopi Di Long Apari, Mahakam Ulu


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di berbagai belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan tahan penyakit.

Adapun keistimewaan paling gamblang yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di suhu rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai warung kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi risalah di blog Aneka Macam Kopi Indonesia – Toko Pembuat Kopi Di Long Apari, Mahakam Ulu, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments