Cara Membuat Kopi Sendiri – Penjual Pembuat Kopi di Tulang Bawang Tengah

Cara Membuat Kopi Sendiri – Penjual Pembuat Kopi di Tulang Bawang Tengah


Cara Membuat Kopi Sendiri – Penjual Pembuat Kopi di Tulang Bawang Tengah - Meski semakin banyak penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai dari jenisnya, tempat ditanamna, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma serta flavour yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua pernah tahu ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai rupa bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Sendiri – Penjual Pembuat Kopi di Tulang Bawang Tengah


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di beragam bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang khas, berbeda di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya mencolok yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak Coffee shop yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi tulisan dalam blog Cara Membuat Kopi Sendiri – Penjual Pembuat Kopi di Tulang Bawang Tengah, mudah-mudahan bermakna.

0 comments