Cara Membuat Kopi Sendiri – Toko Online Coffee Maker di Naman Teran, Karo

Cara Membuat Kopi Sendiri – Toko Online Coffee Maker di Naman Teran, Karo


Cara Membuat Kopi Sendiri – Toko Online Coffee Maker di Naman Teran, Karo - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dimulai dari kelasnya, area perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo serta Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua sudah tahu karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai struktur biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran mutunya pula lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Sendiri – Toko Online Coffee Maker di Naman Teran, Karo


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di berbagai bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal hama & penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya gamblang ialah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi artikel di website Cara Membuat Kopi Sendiri – Toko Online Coffee Maker di Naman Teran, Karo, semoga berguna.

0 comments