Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Kios Pembuat Kopi Di Kromengan, Malang

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Kios Pembuat Kopi Di Kromengan, Malang


Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Kios Pembuat Kopi Di Kromengan, Malang - Kendati semakin banyak pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai varietasnya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski pun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu beda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah tahu karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang wujud batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran nilainya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Kios Pembuat Kopi Di Kromengan, Malang


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun kini di bermacam bagian dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang khas, berbeda di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan penyakit & hama.

Adapun keunikan paling menonjol yakni taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, hal ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca artikel di web Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Kios Pembuat Kopi Di Kromengan, Malang, semoga ada gunanya.

0 comments