Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Online Coffee Maker Di Hili Serangkai, Nias

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Online Coffee Maker Di Hili Serangkai, Nias


Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Online Coffee Maker Di Hili Serangkai, Nias - Kendati kian ramai penikmat kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dimulai dari tipenya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, kendati berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua telah mengetahui kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai struktur bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran mutunya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Online Coffee Maker Di Hili Serangkai, Nias


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di beragam belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan tahan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan paling jelas yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi informasi dalam halaman Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Online Coffee Maker Di Hili Serangkai, Nias, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments