Jenis Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Sasak Ranah Pesisir, Pasaman Barat

Jenis Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Sasak Ranah Pesisir, Pasaman Barat


Jenis Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Sasak Ranah Pesisir, Pasaman Barat - Meski makin ramai penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai jenisnya, area peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walau pun dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo serta Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua telah mengetahui karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang rupa butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Sasak Ranah Pesisir, Pasaman Barat


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di berbagai belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling mencolok ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi informasi dalam halaman Jenis Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Sasak Ranah Pesisir, Pasaman Barat, moga-moga bermakna.

0 comments