Jenis Kopi Robusta Unggul – Kios Coffee Maker di Lumbung, Ciamis

Jenis Kopi Robusta Unggul – Kios Coffee Maker di Lumbung, Ciamis


Jenis Kopi Robusta Unggul – Kios Coffee Maker di Lumbung, Ciamis - Kendati makin ramai pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, mulai dari tipenya, kawasan peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski pun berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma serta flavour yang berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di tanah air serta dipakai di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua telah tahu karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang struktur batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Unggul – Kios Coffee Maker di Lumbung, Ciamis


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di bermacam bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa khas, berlainan di setiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga kebal penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya jelas yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi risalah dalam halaman Jenis Kopi Robusta Unggul – Kios Coffee Maker di Lumbung, Ciamis, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments