Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Coffee Maker di Kumurkek

Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Coffee Maker di Kumurkek


Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Coffee Maker di Kumurkek - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dari tipenya, tempat ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah mengerti karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai wujud bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Coffee Maker di Kumurkek


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di berbagai bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di setiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan hama.

Adapun keunikan paling kentara adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengenal serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi risalah dalam blog Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Coffee Maker di Kumurkek, moga-moga bermanfaat.

0 comments