Jenis Menu Kopi Starbucks – Jual Coffee Maker di Teluk Dalam, Asahan

Jenis Menu Kopi Starbucks – Jual Coffee Maker di Teluk Dalam, Asahan


Jenis Menu Kopi Starbucks – Jual Coffee Maker di Teluk Dalam, Asahan - Walaupun semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dimulai dari kelasnya, tempat ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, meski berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah anda semua pernah mengerti kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai struktur batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini adalah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Menu Kopi Starbucks – Jual Coffee Maker di Teluk Dalam, Asahan


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di bermacam belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal penyakit dan hama.

Adapun kekhasan setidaknya mencolok adalah taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi risalah dalam web Jenis Menu Kopi Starbucks – Jual Coffee Maker di Teluk Dalam, Asahan, moga-moga bermakna.

0 comments