Jenis Menu Kopi Starbucks – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Pengasih, Kulon Progo

Jenis Menu Kopi Starbucks – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Pengasih, Kulon Progo


Jenis Menu Kopi Starbucks – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Pengasih, Kulon Progo - Biar semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, area ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, meski berjenis sama, rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua pernah mengerti keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai struktur biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Menu Kopi Starbucks – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Pengasih, Kulon Progo


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di bermacam bagian dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan hama.

Adapun keistimewaan paling menonjol yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi informasi di blog Jenis Menu Kopi Starbucks – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Pengasih, Kulon Progo, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments