Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Toko Mesin Coffee Maker di Kampar Utara, Kampar

Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Toko Mesin Coffee Maker di Kampar Utara, Kampar


Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Toko Mesin Coffee Maker di Kampar Utara, Kampar - Meski semakin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dimulai dari varietasnya, tempat perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah tahu keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai bentuk bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Toko Mesin Coffee Maker di Kampar Utara, Kampar


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di beragam belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena memiliki cita rasa istimewa, berlainan di setiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta kebal penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling kentara ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui dan merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca informasi dalam halaman Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Toko Mesin Coffee Maker di Kampar Utara, Kampar, moga-moga berpengaruh.

0 comments