Jual Macam Kopi Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker di Bendahara, Aceh Tamiang

Jual Macam Kopi Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker di Bendahara, Aceh Tamiang


Jual Macam Kopi Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker di Bendahara, Aceh Tamiang - Kendati makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, namun gak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dari varietasnya, lokasi ditanamna, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski pun berjenis sama, rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah mengerti keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki wujud butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran nilainya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jual Macam Kopi Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker di Bendahara, Aceh Tamiang


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di bermacam belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal hama.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang ialah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca artikel dalam web Jual Macam Kopi Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker di Bendahara, Aceh Tamiang, moga-moga bermakna.

0 comments