Jual Macam Kopi Indonesia – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di IX Koto, Dharmasraya

Jual Macam Kopi Indonesia – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di IX Koto, Dharmasraya


Jual Macam Kopi Indonesia – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di IX Koto, Dharmasraya - Biar makin berlimpah penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dari jenisnya, kawasan penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa warkop.

Tetapi, apakah anda semua pernah mengerti karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai struktur butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran harganya pula lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jual Macam Kopi Indonesia – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di IX Koto, Dharmasraya


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di bermacam belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna memiliki cita rasa spesial, berbeda di setiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya mencolok adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi tulisan dalam blog Jual Macam Kopi Indonesia – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di IX Koto, Dharmasraya, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments