Khasiat Kopi Hijau Hannis – Onlineshop Pembuat Kopi Di Kota Kijang

Khasiat Kopi Hijau Hannis – Onlineshop Pembuat Kopi Di Kota Kijang


Khasiat Kopi Hijau Hannis – Onlineshop Pembuat Kopi Di Kota Kijang - Meski makin ramai pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua sudah mengerti karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang bentuk batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran mutunya pun lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Hannis – Onlineshop Pembuat Kopi Di Kota Kijang


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di setiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta tahan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya mencolok adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, namun sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi risalah dalam blog Khasiat Kopi Hijau Hannis – Onlineshop Pembuat Kopi Di Kota Kijang, semoga berpengaruh.

0 comments