Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Gantung, Belitung Timur

Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Gantung, Belitung Timur


Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Gantung, Belitung Timur - Walaupun kian banyak penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dimulai dari jenisnya, daerah peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walau pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah anda semua telah mengerti karakter dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki struktur butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran harganya pun lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Gantung, Belitung Timur


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di berbagai bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya kentara ialah taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyediakan beragam variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca risalah dalam blog Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Gantung, Belitung Timur, semoga bermanfaat.

0 comments