Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Jual Mesin Pembuat Kopi di Barambai, Barito Kuala

Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Jual Mesin Pembuat Kopi di Barambai, Barito Kuala


Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Jual Mesin Pembuat Kopi di Barambai, Barito Kuala - Meski kian berlimpah pecinta kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dari tipenya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kalian semua sudah paham karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang rupa butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Jual Mesin Pembuat Kopi di Barambai, Barito Kuala


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di berbagai bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna memiliki cita rasa istimewa, berbeda di tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan kebal penyakit dan hama.

Adapun keunikan paling jelas adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi artikel dalam web Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Jual Mesin Pembuat Kopi di Barambai, Barito Kuala, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments