Khasiat Kopi Rerama Stevia – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Sibolga Kota, Sibolga

Khasiat Kopi Rerama Stevia – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Sibolga Kota, Sibolga


Khasiat Kopi Rerama Stevia – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Sibolga Kota, Sibolga - Meski makin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, namun tak sedikit juga yang tampaknya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dari varietasnya, tempat ditanamna, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa warung kopi.

Namun, apakah kalian semua sudah mengerti kekhasan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran nilainya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Rerama Stevia – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Sibolga Kota, Sibolga


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di bermacam belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling jelas ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca artikel dalam blog Khasiat Kopi Rerama Stevia – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Sibolga Kota, Sibolga, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments