Macam Kopi Nusantara – Toko Mesin Coffee Maker di Cempaka, OKU Timur

Macam Kopi Nusantara – Toko Mesin Coffee Maker di Cempaka, OKU Timur


Macam Kopi Nusantara – Toko Mesin Coffee Maker di Cempaka, OKU Timur - Kendati semakin ramai pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, daerah penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo serta Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan citarasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah anda semua pernah paham keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai struktur bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit namun mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Kopi Nusantara – Toko Mesin Coffee Maker di Cempaka, OKU Timur


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di beragam belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling menonjol yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah dalam halaman Macam Kopi Nusantara – Toko Mesin Coffee Maker di Cempaka, OKU Timur, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments