Macam Kopi Nusantara – Toko Pembuat Kopi Di Pegasing, Aceh Tengah

Macam Kopi Nusantara – Toko Pembuat Kopi Di Pegasing, Aceh Tengah


Macam Kopi Nusantara – Toko Pembuat Kopi Di Pegasing, Aceh Tengah - Biar kian berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja contohnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa warung kopi.

Namun, apakah kalian semua sudah mengerti karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki struktur batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam Kopi Nusantara – Toko Pembuat Kopi Di Pegasing, Aceh Tengah


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di berbagai bagian bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga tahan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling gamblang adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca artikel di halaman Macam Kopi Nusantara – Toko Pembuat Kopi Di Pegasing, Aceh Tengah, moga-moga ada gunanya.

0 comments