Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Online Shop Pembuat Kopi di Kec. Cibeunying Kaler

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Online Shop Pembuat Kopi di Kec. Cibeunying Kaler


Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Online Shop Pembuat Kopi di Kec. Cibeunying Kaler - Meski semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, namun gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, mulai dari kelasnya, area ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, kendati dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua sudah mengetahui keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki tatanan bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Online Shop Pembuat Kopi di Kec. Cibeunying Kaler


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di berbagai bagian bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa spesial, berlainan di tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta tahan penyakit.

Adapun kekhasan paling menonjol yakni peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca artikel dalam website Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Online Shop Pembuat Kopi di Kec. Cibeunying Kaler, semoga ada gunanya.

0 comments