Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Penjual Mesin Coffee Maker di Jatitujuh, Majalengka

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Penjual Mesin Coffee Maker di Jatitujuh, Majalengka


Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Penjual Mesin Coffee Maker di Jatitujuh, Majalengka - Biar makin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, tempat peraniannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, kendati berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah anda semua pernah mengerti keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai wujud bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Penjual Mesin Coffee Maker di Jatitujuh, Majalengka


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di beragam bagian dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna memiliki cita rasa spesial, berlainan di setiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya menonjol yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui serta merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah dalam blog Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Penjual Mesin Coffee Maker di Jatitujuh, Majalengka, semoga ada manfaatnya.

0 comments