Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Online Shop Coffee Maker Di Pemalang

Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Online Shop Coffee Maker Di Pemalang


Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Online Shop Coffee Maker Di Pemalang - Biar makin ramai penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tapi gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, area penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua telah mengetahui ke-khas-an dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai wujud biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran mutunya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Online Shop Coffee Maker Di Pemalang


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di bermacam bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan penyakit & hama.

Adapun kekhasan paling kentara ialah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi artikel dalam website Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Online Shop Coffee Maker Di Pemalang, mudah-mudahan berguna.

0 comments