Manfaat Kopi Hitam Untuk Wanita – Onlineshop Coffee Maker di Idano Gawo, Nias

Manfaat Kopi Hitam Untuk Wanita – Onlineshop Coffee Maker di Idano Gawo, Nias


Manfaat Kopi Hitam Untuk Wanita – Onlineshop Coffee Maker di Idano Gawo, Nias - Walaupun kian banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, area penanamannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walau pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah anda semua pernah tahu karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai wujud butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hitam Untuk Wanita – Onlineshop Coffee Maker di Idano Gawo, Nias


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di berbagai belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang khas, berbeda di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan kebal hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling menonjol yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kedai kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan di blog Manfaat Kopi Hitam Untuk Wanita – Onlineshop Coffee Maker di Idano Gawo, Nias, semoga ada manfaatnya.

0 comments