Membuat Kopi Ala Cafe – Online Shop Coffee Maker di Gerogol, Cilegon

Membuat Kopi Ala Cafe – Online Shop Coffee Maker di Gerogol, Cilegon


Membuat Kopi Ala Cafe – Online Shop Coffee Maker di Gerogol, Cilegon - Kendati kian berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, tempat ditanamna, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walaupun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua pernah tahu keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai rupa batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran mutunya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Membuat Kopi Ala Cafe – Online Shop Coffee Maker di Gerogol, Cilegon


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di beragam belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang khas, berlainan di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya jelas yakni peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi informasi di blog Membuat Kopi Ala Cafe – Online Shop Coffee Maker di Gerogol, Cilegon, moga-moga berguna.

0 comments