Membuat Kopi Dengan French Press – Onlineshop Pembuat Kopi di Waringinkurung, Serang

Membuat Kopi Dengan French Press – Onlineshop Pembuat Kopi di Waringinkurung, Serang


Membuat Kopi Dengan French Press – Onlineshop Pembuat Kopi di Waringinkurung, Serang - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang ternyata masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, kawasan penanamannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah anda semua pernah paham keistimewaan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Dengan French Press – Onlineshop Pembuat Kopi di Waringinkurung, Serang


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di bermacam bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya menonjol yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini sebab ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah memahami serta merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kafe yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca informasi di web Membuat Kopi Dengan French Press – Onlineshop Pembuat Kopi di Waringinkurung, Serang, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments