Membuat Kopi Susu Nikmat – Jual Mesin Pembuat Kopi di Rawa Jitu Utara, Mesuji

Membuat Kopi Susu Nikmat – Jual Mesin Pembuat Kopi di Rawa Jitu Utara, Mesuji


Membuat Kopi Susu Nikmat – Jual Mesin Pembuat Kopi di Rawa Jitu Utara, Mesuji - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski pun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua telah tahu ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai rupa butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran mutunya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia yakni Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Nikmat – Jual Mesin Pembuat Kopi di Rawa Jitu Utara, Mesuji


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di berbagai bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan kebal penyakit & hama.

Adapun keistimewaan setidaknya jelas yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah memahami serta merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyajikan beragam variasi kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan dalam blog Membuat Kopi Susu Nikmat – Jual Mesin Pembuat Kopi di Rawa Jitu Utara, Mesuji, semoga bermanfaat.

0 comments