Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Penjual Pembuat Kopi di Banjar, Banjar

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Penjual Pembuat Kopi di Banjar, Banjar


Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Penjual Pembuat Kopi di Banjar, Banjar - Meski semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, kawasan ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan flavour yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa warkop.

Namun, apakah kalian semua sudah paham karakter dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai wujud butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Penjual Pembuat Kopi di Banjar, Banjar


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di berbagai belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta resistan hama.

Adapun keistimewaan paling gamblang adalah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah dalam halaman Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Penjual Pembuat Kopi di Banjar, Banjar, semoga bermakna.

0 comments