Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Online Pembuat Kopi Di Lintong Nihuta, Humbang Hasundutan

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Online Pembuat Kopi Di Lintong Nihuta, Humbang Hasundutan


Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Online Pembuat Kopi Di Lintong Nihuta, Humbang Hasundutan - Walaupun semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, kawasan perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma dan citarasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa warkop.

Tapi, apakah kamu semua sudah mengerti karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai struktur batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Online Pembuat Kopi Di Lintong Nihuta, Humbang Hasundutan


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di berbagai belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya menonjol adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi artikel di website Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Online Pembuat Kopi Di Lintong Nihuta, Humbang Hasundutan, mudah-mudahan berguna.

0 comments