Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Online Coffee Maker di Telaga Langsat, Hulu Sungai Selatan

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Online Coffee Maker di Telaga Langsat, Hulu Sungai Selatan


Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Online Coffee Maker di Telaga Langsat, Hulu Sungai Selatan - Biar kian berlimpah penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua sudah mengetahui keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai tatanan batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Online Coffee Maker di Telaga Langsat, Hulu Sungai Selatan


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di bermacam belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling menonjol ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah memahami dan merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan di web Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Online Coffee Maker di Telaga Langsat, Hulu Sungai Selatan, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments