Jenis Kopi Arabika Dan – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Indralaya, Ogan Ilir

Jenis Kopi Arabika Dan – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Indralaya, Ogan Ilir


Jenis Kopi Arabika Dan – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Indralaya, Ogan Ilir - Meski kian banyak pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dimulai dari tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua pernah mengerti karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang wujud butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Dan – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Indralaya, Ogan Ilir


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di berbagai belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal penyakit.

Adapun ciri khas paling mencolok yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kedai kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi risalah dalam web Jenis Kopi Arabika Dan – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Indralaya, Ogan Ilir, semoga berpengaruh.

0 comments