Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Online Mesin Coffee Maker di Pedurungan, Semarang

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Online Mesin Coffee Maker di Pedurungan, Semarang


Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Online Mesin Coffee Maker di Pedurungan, Semarang - Kendati makin ramai penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dari varietasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa warkop.

Namun, apakah kamu semua pernah mengetahui keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang struktur butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Online Mesin Coffee Maker di Pedurungan, Semarang


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa spesial, berbeda di tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya eksplisit yakni peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca artikel di halaman Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Online Mesin Coffee Maker di Pedurungan, Semarang, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments