Jenis Kopi Robusta Unggul – Penjual Mesin Coffee Maker Di Wonorejo, Pasuruan

Jenis Kopi Robusta Unggul – Penjual Mesin Coffee Maker Di Wonorejo, Pasuruan


Jenis Kopi Robusta Unggul – Penjual Mesin Coffee Maker Di Wonorejo, Pasuruan - Kendati semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, area perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, meski pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan citarasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah tahu kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang wujud batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Unggul – Penjual Mesin Coffee Maker Di Wonorejo, Pasuruan


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di bermacam belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit.

Adapun kekhasan paling jelas yakni tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kafe yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi risalah di halaman Jenis Kopi Robusta Unggul – Penjual Mesin Coffee Maker Di Wonorejo, Pasuruan, semoga ada gunanya.

0 comments