Jenis Kopi Robusta Unggul – Penjual Coffee Maker di Kuwarasan, Kebumen

Jenis Kopi Robusta Unggul – Penjual Coffee Maker di Kuwarasan, Kebumen


Jenis Kopi Robusta Unggul – Penjual Coffee Maker di Kuwarasan, Kebumen - Meski makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dari tipenya, area perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, kendati dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja misalnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua pernah tahu karakter dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai tatanan butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran mutunya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Unggul – Penjual Coffee Maker di Kuwarasan, Kebumen


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di berbagai bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena memiliki cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya jelas yaitu peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi artikel di blog Jenis Kopi Robusta Unggul – Penjual Coffee Maker di Kuwarasan, Kebumen, moga-moga bermakna.

0 comments