Jual Macam Kopi Indonesia – Toko Coffee Maker di Selopampang, Temanggung

Jual Macam Kopi Indonesia – Toko Coffee Maker di Selopampang, Temanggung


Jual Macam Kopi Indonesia – Toko Coffee Maker di Selopampang, Temanggung - Walaupun makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dimulai dari jenisnya, area perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah mengerti ke-khas-an dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki bentuk biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran harganya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jual Macam Kopi Indonesia – Toko Coffee Maker di Selopampang, Temanggung


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di beragam bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan hama.

Adapun keunikan paling menonjol adalah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di suhu rendah, maka bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi artikel di web Jual Macam Kopi Indonesia – Toko Coffee Maker di Selopampang, Temanggung, semoga ada manfaatnya.

0 comments