Khasiat Kopi Hijau Hannis – Online Shop Mesin Coffee Maker di Sumber Jaya, Lampung Barat

Khasiat Kopi Hijau Hannis – Online Shop Mesin Coffee Maker di Sumber Jaya, Lampung Barat


Khasiat Kopi Hijau Hannis – Online Shop Mesin Coffee Maker di Sumber Jaya, Lampung Barat - Meski semakin ramai penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, mulai dari kelasnya, daerah penanamannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, kendati dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah paham karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang struktur butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Hannis – Online Shop Mesin Coffee Maker di Sumber Jaya, Lampung Barat


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di beragam bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di setiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama.

Adapun kekhasan paling jelas ialah taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi tulisan di blog Khasiat Kopi Hijau Hannis – Online Shop Mesin Coffee Maker di Sumber Jaya, Lampung Barat, semoga berguna.

0 comments