Khasiat Kopi Hijau Hannis – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Midai, Natuna

Khasiat Kopi Hijau Hannis – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Midai, Natuna


Khasiat Kopi Hijau Hannis – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Midai, Natuna - Kendati kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dari varietasnya, tempat ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walaupun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah kalian semua sudah paham keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai wujud biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Hannis – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Midai, Natuna


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di berbagai bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan kebal penyakit & hama.

Adapun keunikan paling menonjol ialah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca artikel di website Khasiat Kopi Hijau Hannis – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Midai, Natuna, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments