Khasiat Kopi Hijau Karysma – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Sumbawa Besar

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Sumbawa Besar


Khasiat Kopi Hijau Karysma – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Sumbawa Besar - Walaupun semakin banyak pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dari varietasnya, area perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis sama, rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta flavour yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah kalian semua sudah paham kekhasan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki struktur butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia adalah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Sumbawa Besar


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di berbagai belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling jelas ialah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah memahami dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan beragam variasi kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi artikel di web Khasiat Kopi Hijau Karysma – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Sumbawa Besar, moga-moga bermakna.

0 comments