Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Cipondoh, Tangerang

Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Cipondoh, Tangerang


Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Cipondoh, Tangerang - Meski kian berlimpah pecinta kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, dari kelasnya, kawasan penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua sudah paham karakter dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki struktur biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran nilainya juga lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Cipondoh, Tangerang


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di bermacam belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan resistan hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya eksplisit ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi risalah dalam website Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Cipondoh, Tangerang, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments