Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Coffee Maker Di Paku, Barito Timur

Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Coffee Maker Di Paku, Barito Timur


Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Coffee Maker Di Paku, Barito Timur - Meski semakin banyak penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, kawasan penanamannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah tahu karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai tatanan batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Coffee Maker Di Paku, Barito Timur


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di berbagai belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya gamblang adalah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal serta merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca informasi dalam blog Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Coffee Maker Di Paku, Barito Timur, moga-moga berguna.

0 comments