Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Onlineshop Coffee Maker di Toapaya, Bintan

Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Onlineshop Coffee Maker di Toapaya, Bintan


Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Onlineshop Coffee Maker di Toapaya, Bintan - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tapi gak sedikit pula yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dari kelasnya, lokasi peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walaupun berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah mengerti keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang wujud batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Onlineshop Coffee Maker di Toapaya, Bintan


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi kini di bermacam bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan tahan hama.

Adapun keunikan paling eksplisit yaitu taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi risalah di web Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Onlineshop Coffee Maker di Toapaya, Bintan, semoga bermanfaat.

0 comments