Macam Kopi Aceh – Jual Coffee Maker di Gandus, Palembang

Macam Kopi Aceh – Jual Coffee Maker di Gandus, Palembang


Macam Kopi Aceh – Jual Coffee Maker di Gandus, Palembang - Kendati semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dari varietasnya, area penanamannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walaupun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo dan Toraja misalnya, menyandang aroma serta cita rasa yang berlainan.

Kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah kamu semua telah tahu ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai rupa butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak timbul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam Kopi Aceh – Jual Coffee Maker di Gandus, Palembang


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di beragam belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan penyakit.

Adapun kekhasan paling mencolok ialah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah memahami dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi tulisan dalam blog Macam Kopi Aceh – Jual Coffee Maker di Gandus, Palembang, mudah-mudahan bermakna.

0 comments