Macam Kopi Nusantara – Penjual Coffee Maker di Bojongasih, Tasikmalaya

Macam Kopi Nusantara – Penjual Coffee Maker di Bojongasih, Tasikmalaya


Macam Kopi Nusantara – Penjual Coffee Maker di Bojongasih, Tasikmalaya - Kendati kian banyak pecinta kopi yang mengenali beragam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dari tipenya, tempat peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah anda semua sudah paham kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang rupa butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Kopi Nusantara – Penjual Coffee Maker di Bojongasih, Tasikmalaya


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di berbagai belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna menyandang cita rasa khas, berbeda di setiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan kebal hama.

Adapun ciri khusus setidaknya mencolok ialah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi informasi di web Macam Kopi Nusantara – Penjual Coffee Maker di Bojongasih, Tasikmalaya, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments