Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan – Toko Coffee Maker di Gajah Putih, Bener Meriah

Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan – Toko Coffee Maker di Gajah Putih, Bener Meriah


Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan – Toko Coffee Maker di Gajah Putih, Bener Meriah - Walaupun makin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dari kelasnya, tempat peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua pernah mengetahui keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang struktur batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan – Toko Coffee Maker di Gajah Putih, Bener Meriah


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di beragam belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan tahan hama.

Adapun ciri khusus paling menonjol yakni peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi tulisan di blog Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan – Toko Coffee Maker di Gajah Putih, Bener Meriah, semoga berguna.

0 comments