Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Kramatmulya, Kuningan

Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Kramatmulya, Kuningan


Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Kramatmulya, Kuningan - Biar makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dari jenisnya, lokasi ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja contohnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu beda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah mengerti karakteristik dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki tatanan butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Kramatmulya, Kuningan


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di bermacam belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta resistan penyakit.

Adapun kekhasan paling eksplisit ialah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, namun susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengenal serta merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi tulisan dalam web Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Kramatmulya, Kuningan, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments