Manfaat Kopi Untuk Kulit Jerawat – Toko Online Pembuat Kopi di Bantul, Bantul

Manfaat Kopi Untuk Kulit Jerawat – Toko Online Pembuat Kopi di Bantul, Bantul


Manfaat Kopi Untuk Kulit Jerawat – Toko Online Pembuat Kopi di Bantul, Bantul - Walaupun semakin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, daerah penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma serta cita rasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar warkop.

Namun, apakah anda semua telah mengerti keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran harganya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kulit Jerawat – Toko Online Pembuat Kopi di Bantul, Bantul


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di beragam belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan tahan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus setidaknya mencolok adalah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca tulisan dalam web Manfaat Kopi Untuk Kulit Jerawat – Toko Online Pembuat Kopi di Bantul, Bantul, mudah-mudahan berguna.

0 comments