Membuat Kopi Dengan French Press – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Murung, Murung Raya

Membuat Kopi Dengan French Press – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Murung, Murung Raya


Membuat Kopi Dengan French Press – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Murung, Murung Raya - Walaupun kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski pun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah kamu semua pernah paham keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai bentuk batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Membuat Kopi Dengan French Press – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Murung, Murung Raya


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di berbagai belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling eksplisit yaitu peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah memahami serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi tulisan dalam blog Membuat Kopi Dengan French Press – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Murung, Murung Raya, moga-moga berguna.

0 comments