Membuat Kopi Susu Nikmat – Kios Pembuat Kopi di Jayapura, OKU Timur

Membuat Kopi Susu Nikmat – Kios Pembuat Kopi di Jayapura, OKU Timur


Membuat Kopi Susu Nikmat – Kios Pembuat Kopi di Jayapura, OKU Timur - Kendati semakin ramai pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai dari tipenya, tempat ditanamna, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, walau pun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua telah mengetahui ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki tatanan biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Nikmat – Kios Pembuat Kopi di Jayapura, OKU Timur


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di berbagai belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa spesial, berlainan di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling eksplisit yakni taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi informasi di halaman Membuat Kopi Susu Nikmat – Kios Pembuat Kopi di Jayapura, OKU Timur, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments