Meracik Kopi Enak – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Banjarbaru Selatan, Banjarbaru

Meracik Kopi Enak – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Banjarbaru Selatan, Banjarbaru


Meracik Kopi Enak – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Banjarbaru Selatan, Banjarbaru - Biar semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang ternyata masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai kelasnya, daerah penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua sudah paham karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki struktur butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Meracik Kopi Enak – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Banjarbaru Selatan, Banjarbaru


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi kini di berbagai bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan kebal penyakit.

Adapun keunikan setidaknya kentara adalah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca risalah di halaman Meracik Kopi Enak – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Banjarbaru Selatan, Banjarbaru, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments