Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Online Pembuat Kopi di Japah, Blora

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Online Pembuat Kopi di Japah, Blora


Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Online Pembuat Kopi di Japah, Blora - Kendati makin berlimpah pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dari tipenya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah anda semua telah mengerti karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai rupa biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran nilainya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak muncul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Online Pembuat Kopi di Japah, Blora


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di bermacam belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan penyakit & hama.

Adapun kekhasan paling jelas ialah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi artikel di blog Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Online Pembuat Kopi di Japah, Blora, semoga berpengaruh.

0 comments