Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Toko Mesin Coffee Maker di Bogorejo, Blora

Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Toko Mesin Coffee Maker di Bogorejo, Blora


Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Toko Mesin Coffee Maker di Bogorejo, Blora - Biar semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, area penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski berjenis sama, citarasa kopi Gayo serta Toraja umpamanya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia serta dipakai di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua sudah mengetahui keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai wujud bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran nilainya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Toko Mesin Coffee Maker di Bogorejo, Blora


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di beragam bagian bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan setidaknya jelas yakni peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan dalam website Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Toko Mesin Coffee Maker di Bogorejo, Blora, semoga bermanfaat.

0 comments